Friday, January 6, 2017

CARA STREAMING/BROADCASTING KE TWITCH.TV DENGAN OBS

                                                     Open Broadcaster Software
Nah untuk kali ini EF bakal membagi tutorial live broadcast game , Twitch.tv merupakan layanan website yang berfungsi sebagai sarana streaming & broadcast bagi para gamer, Twitch Sendiri sudah sering digunakan oleh para broadcaster untuk broadcast game.


sesuai janji saya pada tutor sebelumnya EF kali ini akan membagi sedikit tutorial broadcast di Twitch TV menggunakan OpenBroadcastingSoftware atau yang lebih sering di sebut OBS ini merupakan salah satu Software yang dapat di gunakan untuk connect ke Twitch.TV . Mengapa Saya memilih OBS , karena menurut saya OBS ini mudah untuk di setting dan memiliki fitur optimize yang akan menyesuaikan settingan graphic nya berdasarkan kemampuan PC / Laptop kalian . Selain itu OBS juga merupakan Software yang free lho jadi kalian bisa menggunakan nya tanpa harus membelinya.

Ini yang harus kalian siapkan sobat:

1. OBS (Open Broadcaster Software)
2. Punya akun Twitch.tv
3. Game yang akan di broadcast saran ya mainkan game yang original jangan bajakan sob.

Berikut tutorial connect nya :

1. Buka OBS , klik kanan pada bagian scene kemudian Pilih add scene

2. Tulis Nama Scene nya [ Bebas Isi apa saja ] disini gw menggunakan namanya Twitch

3. Tambahkan Source dengan cara klik kanan pada Source , Pilih Add > Game Capture , dan isi nama Source nya [ Nama Bebas , disarankan nama Source ini berdasarkan nama game yang kalian mainkan ] seperti CallOfDuty atau apalah yang kalian ingin mainkan. 

4. Buka Game yang kalian ingin mainkan , dan pada Select Application , Pilih Applicationnya berdasarkan game yang kalian mainkan dan klik OK.
 5. Klik Settings di samping button menu Start Streaming , dan pilih menu broadcast       settings ubah mode menjadi Live Streaming , dan pilih Streaming Services nya menjadi    Twitch ,FMS URL bisa di isi yang terdekat aja Singapore. Dan jangan lupa klik Optimize. Fitur  optimize ini sangat berguna , seperti yang saya katakan tadi.

6. Sekarang Untuk Connect OBS ke Twitch di butuhkan stream key , stream key bisa kalian dapat dari akun Twitch kalian masing masing. dengan cara masuk ke channel kalian , klik pada dashboard dan pilih stream key.
7. Copy Stream key anda dan paste-kan ke kolom stream key pada broadcast settings , klik OK.

8. Sekarang Settingan sudah siap semua , silahkan klik Start Streaming untuk memukai Connect Live Streaming dan Streaming ready.


 Seperti itulah cara streaming/broadcasting dengan OBS gamapangkan kan. Disarankan untuk menggunakan Software ini dengan koneksi internet yang lumayan cepat , dan pada PC/ Laptop dengan spec yang lumayan tinggi. Tapi karena menggunakan optimize jadi dia akan menyesuaikan pc kalian sobat meskipun low spec.komentar dan bantu share ya sobat jika postingan ini bermanfaat menurut kalian dan thanks for coming.
 



No comments:

Post a Comment