Saturday, February 18, 2017

CARA MENYAMBUNGKAN CD DRIVE PC DAN HARDISK KE LAPTOP

PC/komputerku itu rusak berat di bagian power supply-nya, kemudian aku pinjam power supply dari seseorang, dan memasangnya di komputerku, siap tau masih nyala Tapi.... Layarnya hitam terus, bahkan nggak masuk ke sistem dan biasanya ada bunyi “beep”.

Berarti selain masalah di power supply, dia bermasalah di motherboardnya atau di otaknya. Bisa jadi terbakar atau emang sudah waktunya pensiun.Hemm

Akhirnya saya mencari solusi untuk mengeluarkan isi perut si komputer, terutama hardisk dan cd/dvd drive-nya. Masih berharap mereka bisa diselamatkan.
 photo hdd_dan_cddvdrwrom.jpg

.

Sampai akhirnya aku ketemu dengan benda ajaib ini. Alat penghubung hardisk komputer ke laptop.
 photo how_to_connect_hdd_to_laptop1.jpg

Harganya? Katanya sih nggak lebih dari tujuh puluh ribu ya. Murahlah pokoknya, saya kemarin minta tukar benda ini dengan flashdisk 2GB sama pemilik toko laptop. (Kejadiannya saat membeli laptop, kan dapat bonus tuh, bisa ditukar dengan benda lain)

Cara pakainya gampang sekali. Tinggal colok saja, lihat jenis hardisknya juga, ntah itu IDE atau SATA.
 photo how_to_connect_hdd_to_laptop2.jpg

Ketika dihubungkan dengan laptop, laptop akan otomatis mendeteksi hardisk (PC/komputer/eksternal). Kalau nggak terdeteksi, coba cek sambungan listriknya atau kabel-kabel penghubungnya, bisa dipastikan ada colokan yang kurang benar. Kalau nggak terdeteksi juga, bisa jadi hardisknya sudah meninggal. (sedih sekali) -__-
 photo detected.jpg

.

Dan kalau sudah selesai pakai, jangan lupa di-eject, seperti memakai flashdisk. ^^
 photo eject.jpg

Sayangnya kalau mau pakai alat ini harus pakai listrik, selain itu cepat panas adaptornya. Bisa terbakar juga kabel adaptornya kalau kabel dalamnya ada yang patah (Pernah lihat kejadiannya. Penyebabnya sepele, karena kabelnya digulung terlalu kuat).

Sedikit catatan: Alat ini juga bisa menghubungkan CD/DVD Drive yang ada di komputer ke laptop juga, lho. Sudah saya coba dengan CD/DVD Drive punyaku. Lumayan kan, bisa memperpanjang umur lensa/optik di laptop. 

No comments:

Post a Comment